jalan-jalan berburu produk

Bandung 23 November 2009

15:45 pm

Hari ini schedule ku jalan-jalan terus pulang. Tujuan pertama mau ke cigondewah. Mau mencari hanger-hanger sisa pabrik yang lumayan miring harganya. Hehehe.

Setelah dipikir-pikir, ternyata kalau ke cigondewah terlalu lama dan jauh. Bisa-bisa sampai jogja tidak sesuai jadwal. Akhirnya tujuan jalan-jalan diubah, jadi ke pasar gedebage, yang masih searah sama jalan pulang ke jogja.

Aku belum pernah ke pasar gede bage sebelumnya. Cuma udah lama tahu kalau disana, katanya bisa dapat barang bermerk import, baik second maupun baru. Kata teman-teman juga gitu. Asal pintar-pintar memilih aja.

Hmmm… Jadi penasaran juga mau kesana.

and there….

Ha..!?, ini sih tidak jauh beda sama pasar awul-awul, atau owolan di parakan, Temanggung. Begitulah pertama kali aku melihatnya dari luar…

Dan begitu masuk kedalamnya, walaupun terasa lain, cuma tetep tidak jauh beda dari pasar awul di Parakan, Temanggung.

Membutuhkan ketelatenan dan kesabaran ekstra untuk memilih dan menawar semua barang yang dijual di pasar itu. Meskipun demikian, setelah hampir satu jam aku keluar masuk, tetap tidak mendapatkan barang yang aku inginkan.

Duh… Jadi terasa perjalanan yang sia-sia….

Meski tidak setimpal dengan pengorbanan dan usaha yang diperlukan untuk sampai tempat ini, tapi lumayan untuk mengobati penasaranku akan pasar itu. Hehehe

Akhirnya sekitar jam 4.10 sore, aku melanjutkan untuk langsung cabut menuju Jogja saja.

Eh iya, lupa. Bagi teman-teman yang berniat berburu barang dan berbelanja di pasar gedebage, ada beberapa tips ala andri yang mungkin sedikit banyak berguna:

1. Carilah waktu yang tepat. Maksudnya jangan memilih waktu pada saat matahari terlalu terik ataupun hujan. Kalau terlalu terik, kebayang kan panasnya bakal kayak apa. Tempat itu bukan mall yang ber AC. Trus jangan juga saat hujan. Karna nanti jadinya kayak Cinta Laura. “Bechek…. Ga ada ojek…”

2. Bawa duit yang cukup. Jangan terlalu banyak, juga jangan tidak bawa sama sekali. Selain karena disana tidak ada mesin ATM, juga karena alasan lain. Misalnya: kalau terlalu banyak, nanti hasrat ingin belanja jadi tak tertahankan. Sementara kalau terlalu sedikit, nanti kalau haus atau lapar bagaimana?

3. Usahakan badan dalam keadaan fit. Karena, walaupun sekedar jalan-jalan atau belanja, tetap membutuhkan energi yang ekstra buat memilih dan memilah barang. Kalau salah pilih nich ya, bukan hanya rugi di duit, tapi juga waktu.

4. Kalau yang tidak ahli menawar, bawa teman atau siapa aja buat jadi tukang tawar. Proses bargaining sangat berperan untuk dapat barang bermerk bagus dan murah.

5. Apalagi ya… Sebagai informasi, tawarlah barang mulai dari separo harga yang ditawarkan pedagangnya.

selamat berburu dan berbelanja…..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s